Thursday, March 23, 2017

Cicilan dari Saya

Jadi ini essay saya pas daftar KKN Tematik ITB heuheuheu mau sharing aja siapa tau bisa jadi ispirasi buat temen2 yg mau daftar jugaaa yeyyy!! Jangan lupa bismillah dulu sebelum baca😁

Perkenalkan, saya Hafi Auliya Nurhayati mahasiswa yang berasal dari daerah sejuk nan asri bernama Ambarawa. Ambarawa berlokasi di Kabupaten Semarang, kawasan pegunungan yang membuat saya selalu bersyukur atas apa yang saya nikmati setiap membuka jendela ketika bangun di pagi hari. Di daerah ini, masih kental gotong-royong dan keramah-tamahan penduduknya, hal itu membuat hati saya damai. Sejak kecil saya diajak untuk akrab dengan masyarakat oleh kedua orang tua saya, dari situ saya mendapat banyak sekali pelajaran hidup. Dan pengalaman itulah yang menggugah hati saya serta membuat saya senang untuk berinterasksi dengan masyarakat.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) saya harapkan dapat menjadi salah satu wujud nyata pengabdian saya kepada masyarakat sebagai seorang mahasiswa yang massa kecilnya dibentuk dalam masyarakat pedesaan. Dengan bergabung bersama tim KKN Tematik ini saya bisa menerapkan keilmuan saya dalam memberikan solusi permasalahan yang ada di dalam masyarakat. Selain menjadi sarana pengembangan ide inovatif, KKN juga menjadi tempat mengembangkan kepedulian dan kepekaan nurani saya.
Alasan saya memilih tema pendidikan adalah saya ingin membagi atas apa yang sudah saya miliki, yaitu wawasan dan ilmu saya. Lewat interaksi dengan banyak masyarakat, ilmu yang saya bagikan saya harap dapat menjadi manfaat di kehidupan mereka selanjutnya, juga dapat menjadi tabungan amal yang terus mengalir kelak saat saya sudah meninggal. Saya ingin membantu masyarakat mencapai dan mengetahui potensi diri mereka, terutama pada anak-anak. Dengan pendidikan, saya dapat memberi pengetahuan, pencerahan, pandangan yang luas dan membangun karakter yang dapat membantu masa depan mereka serta kemajuan bangsa ini. Terlebih, mendidik adalah tanggung jawab orang terdidik. Saya beruntung bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi masyarakat terdidik, dan berdosalah saya jika tidak melakukan apa yang menjadi tanggung jawab saya sendiri. Selain itu, lewat usaha mendidik, dalam sisi lain saya juga sedang dalam proses dididik menjadi pendidik yang baik.
Setelah pendidikan, saya memilih tema eco-agro dan energi. Eco-agro sangat berkaitan dengan keilmuan saya, yaitu rekayasa kehutanan. Dalam tema eco-agro saya dapat berdedikasi untuk pengembangan ide produk, teknologi, komersialisasi yang inovatif untuk membantu petani menjadi lebih produktif. Sedangkan alasan saya memilih tema energi karena melihat kegiatan KKN tahun lalu bersusah-susah membangun rumah pemberdayaan bertenaga energi alternatif. Pasti seru melewatkan masa susah bergotong-royong, dan di masa itu saya akan mendapatkan teman-teman dekat.
Dalam kegiatan KKN ini saya dapat berkumpul dan berteman dengan mahasiswa-mahasiswa hebat yang memiliki keikhlasan untuk berbagi kepada masyarakat. Dengan beragam keilmuan yang kami miliki, kami bisa berbagi sedikit dari ilmu kami. Dalam tema pendidikan misalnya, program mengaji dan doa, menanamkan kebiasaan membaca dan mengenal lingkungan,  menyediakan media berekspresi seperti sandirwara, berbagai keterampilan, juga bimbingan belajar akademik dapat dilakukan untuk mendidik anak-anak, tentunya sambil bermain dan diselipkan berbagai motivasi.
Di luar tema yang saya pilih, saya memiliki bayangan tema air akan berusaha dalam pengadaan sumber air bersih terdekat di suatu wilayah yang kesediaan air bersihnya masih kurang. Sedangkan tema infrastruktur tak jauh dari itu, hanya saja infrastruktur memiliki jangkauan lebih luas mengenai fasilitas-fasilitas fisik yang dapat membantu aktivitas dan kebutuhan masyarakat seperti tenaga listrik, pembuangan limbah, transportasi dan fasilitas lain dengan tujuan sosial dan ekonomi.
Pengalaman, pengetahuan dan wawasan mengenai kehidupan bermasyarakat yang akan saya dapatkan melalui kegiatan KKN ini saya harap dapat menjadi pembelajaran berharga untuk kehidupan saya selanjutnya dan terus menjadi manfaat untuk orang lain yang berlipat-lipat bagai riak kerikil yang dilempar ke lautan. Pengabdian kecil ini saya dedikasikan untuk masyarakat dan saya anggap sebagai cicilan balas budi saya kepada masyarakat yang telah mendidik saya ketika kecil.

Eheheuheuuu sekian, makasih dan maaf kalau banyak salah dan anehnya #eheuheuu

No comments:

Post a Comment